Contoh Banner

Apa itu SFP (Small Form-factor Pluggable)

SFP dan Artinya
Dalam perkembangannya perangkat jaringan komputer memberikan solusi koneksi dengan kecepatan sangat tinggi dengan memanfaatkan kabel fiber optic yang relative sangat kebal terhadap interferensi sehingga sangat jernih. Dan salah satu yang dipakai sebagai interface koneksi kecepatan tinggi adalah SFP transceiver.


Apa itu SFP ?

SFP merupakan kependekan dari small form-factor pluggable yaitu suatu perangkat yang compact berupa suatu transceiver yang bersifat hot-pluggable yang biasa digunakan dalam applikasi komunikasi dan telekomunikasi data. Form factor dan interface kelistrikannya dispesifikasikan oleh suatu perjanjian multi source (multi-source agreement – alias MSA).

Interface serat Optic

Perangkat ini menjadi interface suatu perangkat jaringan motherboard yang biasa digunakan pada sebuah router atau switch kepada kabel jaringan fiber optic ataupun copper. Perngkat SFP transceiver ini dirancang untuk mendukung standard komunikasi pada jaringan SONET, Gigabit Ethernet, Fibre Channel atau lainnya.

Mengingat ukurannya yang lebih kecil dibanding pendahulunya transceiver GBIC, yach memang SFP ini dianggap sebagai penggantinya, produk ini juga lazim disebut sebagai “mini-GBIC”.

Pilih yang sesuai

Dengan memilih modul SFP yang sesuai, port kelistrikan yang sama pada switch dapat terhubung ke serat optic dari berbagai jenis baik multimode atau singlemode dan panjang gelombang yang berbeda. Jadi sifatnya sangat praktis, jika anda harus mengupgrade serat-optic, maka modul SFP juga perlu diganti dengan yang sesuai.

SFP mengubah sinyal listrik serial ke sinyal optik serial dan begitu juga sebaliknya. Modul SFP bersifat hot swappable, bisa diganti saat ON dan perangkat ini mengandung ID dan sistem informasi pada Switch.

Combo SFP Ports

Ada model switch yang bersifat combo, artinya port ini berpasangan bisa dipakai baik untuk port Ethernet port biasa langsung ke cable UTP atau port ini juga bisa dipakai untuk port SFP. Jadi jika dipakai sebagai SFP port maka port Ethernet ini jadi inactive walau cable ini terhubung dengan kabel jaringan.

XFP dan SFP+ untuk 10 Gigabits

Untuk kapasitas yang lebih besar dari SFP ada yang disebut dengan XFP transceiver. Modul XFP ini bisa menangani speed sampai 10Gbps koneksi optic serat. Sementara SFP hanya bisa sampai 4.25Gbps saja. Akan tetapi harus juga dipasangkan kepada interface yang juga mendukung XFP, jadi tidak bisa dipasang pada switch yang mendukung SFP.

Dimana bisa membeli SFP Online dan harga Terjangkau

Jika menulusuri E-commerce di indonesia yang menjual Perangkat-Perangkat Telekomunikasi,Power System Data Center & Network terutama untuk perangkat yang kita bahas di awal adalah SFP mungkin tidak terlalu banyak seperti E-commerce barang-barang Elektronik dll.

Maka dari itu kami sarankan jika anda sedang mencari perangkat Telekomunikasi , Power System , Data Center & Network yang ready stock & terpercaya .kami sarankan anda mencoba untuk ke Indofortech

untuk lebih jelasnya bisa membaca artikel kami tentang Indofortech 
Indofortech.com E-commerce Telecommunications ,Power System ,Data Center & Network


Advertisement
Apa itu SFP (Small Form-factor Pluggable)